Penangkaran rusa Ranca Upas Kampung Cai Bandung

Penangkaran rusa Ranca Upas Kampung Cai Bandung Penangkaran rusa Ranca Upas Kampung Cai Bandung adalah penangkaran rusa id Kampung Cai...

Penangkaran rusa Ranca Upas Kampung Cai Bandung

Penangkaran rusa Ranca Upas Kampung Cai Bandung adalah penangkaran rusa id Kampung Cai Rancaupas untuk Anda para pengunjung yang ingin melihat rusa jenis Cervus timorensis secara langsung. Sejarah Ranca Upas sangat erat kaitannya dengan sejarah Gunung Patuha. Masyarakat Ciwidey menganggap bahwa Gunung Patuha merupakan gunung tertua yang ada di daerah Bandung Selatan. Secara terminologi, kata "Ranca Upas" terdiri dari dus suku kata, yaitu: (1) Ranca: dalam bahasa Indonesia memiliki makna rawa, sedangkan (2) Upas: sendiri adalah salah satu jenis pohon keluarga moraceae. Pohon ini merupakan pohon beracun yang pada jaman dahulu sering digunakan untuk meracuni anak panah.


“Terletak di ketinggian 1700 m dpl, Bumi Perkemahan Ranca Upas memiliki kawasan keseluruhan seluas 215 ha. Suhu harian berkisar (18-23° C) menjadikan tempat ini sangat sejuk disiang hari dan dingin dimalam hari. Panorama alam berupa perbukitan hijau di sekitarnya, kawasan hutan yang sangat luas, berbagai jenis flora seperti Puspa, Jamuju, Huru, Kitambang, Kihujan, Hamirung, Kurai dan Pasang, serta berbagai jenis fauna yang dapat ditemukan di sini seperti Burung Tekukur, Gagak, Elang serta Surili, Monyet dan Macan Tutul, ada pula Rusa di penangkaran setempat seluas 4-5 ha. Dikelola sejak tahun 1980 kegiatan wisata yang dapat dilakukan diantaranya berkemah, lintas alam dan pemandian air panas, dan hanya berjarak kurang dari 1KM dengan gerbang masuk taman wisata Kawah Putih Ciwidey”.


Penangkaran rusa Ranca Upas Kampung Cai Bandung

Sesuai dengan namanya, yaitu "Ranca Upas" awalnya merupakan sebuah daerah rawa yang pada masa dahulu ditumbuhi tanaman dan pepohonan yang salahsatunya dikenal dengan pohon upas. Hal ini ada kaitannya dengan kebiasaan masyarakat Sunda yang memiliki kebiasaan unik dimana untuk menamakan suatu daerah selalu disesuaikan dengan ciri khas faktor fisik geografis daerah setempat agar mudah untuk mengingatnya, demikian juga dengan nama Ranca Upas.


Secara Historis, tidak ada satupun sumber sejarah yang pasti mengenai asal usul nama Ranca Upas, akan tetapi apabila melihat fenomena yang ada dilapangan, memang benar bahwa Ranca Upas merupakan interpretasi sebuah daerah dimana dahulu merupakan area rawa yang berada diantara perbukitan dengan lereng datar yang luas.

Penangkaran rusa Ranca Upas Kampung Cai Bandung

Penangkaran rusa Ranca Upas Kampung Cai Bandung

Ranca Upas pertama kali dikelola oleh pengawasan BKPH Tambakruyung, RPH Ranca Upas. Pertama kali dibuka untuk umum sekitar tahun 1980an sebagai camping graound dan penangkaran rusa jenis Cervus timorensis dengan jumlah awal sebanyak 8 ekor.

Sebelum saya lanjutkan kembali jurnal perjalanan saya, monggo dicatat alamat lengkapnya:

Kampung Cai Rancaupas,
Desa Alam Endah, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung
Koordinat : 7 8′ 20″ S, 107 23′ 31″ E

Harga Tiket Masuk:
• Perorangan : IDR. 10.000
• Wisman : IDR. 50.000
• Kendaraan roda dua : IDR. 2.000
• Kendaraan roda empat : IDR. 5.000
• Bus/kendaraan besar : IDR. 20.000
Harga Parkir:
• Roda dua : IDR. 2.000
• Roda empat : IDR. 5.000
• Bus/Truck : IDR. 10.000
Harga Tiket Wahana:
• Camping per malam: IDR. 10.000
• Kolam Renang Air Hangat: IDR. 15.000

Penangkaran rusa Ranca Upas Kampung Cai Bandung

Jika teman-teman ingin kemping disini tapi tidak mau repot dengan tenda yang dibawa dari rumah atau tidak punya tenda, atau ga punya teman yang punya tenda, atau sialnya ga punya teman (hmm mending cari teman dulu deh, ketimbang sendirian kesini, kasian saya lihatnya hehehe) tenang saja disini disewakan tenda juga lho, dengan harga yang bisa langsung dinegosiasikan dengan petugas penyedia kelengkapan kemping Rancaupas. Jangan lupa juga untuk survey terlebih dahulu sebelum kemping, khawatir ada perubahan harga atau untuk memilih lokasi untuk mendirikan tenda agar jauh dari genangan air, mengingat lokasi camping groundnya yang berdekatan dengan aliran sungai dan untuk memilih tenda, walhasil malam itu tenda bolong kami diakali dengan ditutup spanduk bekas, macam tenda ayam penyet pinggir jalan saja bentukannya hehehe.

Penangkaran rusa Ranca Upas Kampung Cai Bandung

Arah menuju di Bumi Perkemahan Rancaupas adalah 56 km arah selatan Kota Bandung dan 15 km arah selatan Pangalengan, melalui jalan aspal yang dapat dilalui kendaraan roda empat dan roda dua tentunya. Selain saya dan teman-teman yang diberangkatkan dengan bus, ada pula teman-teman yang menggunakan kendaraan roda dua untuk kemping disini. Adapun jalur transportasi menuju Rancaupas dari Jakarta adalah sebagai berikut :

Kendaraan Pribadi – Mobil: Dari Jakarta, Cikampek, Tol Purbaleunyi dan exit Tol Kopo lalu Jalan Kopo, Ketapang, Soreang, Ciwidey berakhir di Rancaupas. Alternatif lain bisa exit tol Mohamad Toha, lanjut Buah Batu dan Baros Cimahi, Ciwidey dan Rancaupas.

Kendaraan Umum (Bus): Cari terminal Bus yang menuju Bandung (Lebak Bulus, Kampung Rambutan atau bisa juga dengan jasa travel dengan catatan melewati atau turunnya di terminal Leuwi Panjang. Nah dari Leuwi Panjang teman-teman naik elf yang jurusan Ciwidey. Dari Ciwidey lanjut naik angkot berwarna kuning jurusan Ciwidey – Patengan, bilang sama pak supir agar berhenti di Rancaupas, biar lebih enak usahakan duduk disamping pak supir, kalau bisa cari yang cakep, ajak kenalan, siapa tahu jodoh ahahaha peace.

Kereta Api: Biasanya karena ingin menghindari kemacetan dijalur jalan raya, beberapa teman saya memilih untuk menggunakan KA saat ke Bandung, nah ke Rancaupas bisa pula menggunakan KA. Dari stasiun Kota Jakarta, langsung menuju Stasiun Bandung, setelah tiba distasiun, keluarlah menuju jalan Kebun Kawung, kalau ragu, tanya dengan petugas KA di stasiun atau dan cari angkutan umum arah Sadang Serang-Caringin, turun di Jalan Kopo, lalu naik elf jurusan Ciwidey, dan angkot kuning jurusan Ciwidey – Patengan, dan again, bilang sama pak supir agar berhenti di Rancaupas (gak usah duduk didepan gpp, dibelakang pak supir juga bisa, bisikan ditelinganya untuk minta diturunkan di Rancaupas, dengan catatan pak supirnya kece kayak mas rangga dari AADC yang udah come back dari New York itu ya, ajak kenalan juga boleh, siapa tahu beneran Rangga hehehe.

Penangkaran rusa Ranca Upas Kampung Cai Bandung


Motor: Melalui jalur diluar tol, teman-teman saya lewat Puncak saat menuju Rancaupas, meskipun bisa juga lewat Cikampek dan Jonggol arah Kota Bandung. Jika sudah sampai di Bandung, arahnya langsung ke Buah Batu lalu Baleendah menuju Banjaran arah Soreang dan berakhir di Ciwidey, dari sini sudah sangat dekat sekali ke Rancaupas.

Mentari Pagi di Kampung Cai Rancaupas dan Kawah Putih Ciwidey - Selesai sarapan di warung yang menjual aneka jajanan dan keperlua di area perkemahan Rancaupas, saya dan sahabat saya Opi menuju kawasan penangkaran Rusa, wah tempatnya rapi dan terawat, dengan dek kayu yang lumayan tinggi, kita dapat menyaksikan kumpulan Rusa yang tengah merumput, disini juga disediakan makanan untuk rusa seharga IDR. 5000 rupiah untuk sekantung wortel. Menurut informasi yang saya dapat dari penjaga penangkaran, Rusa-Rusa disini dulunya diambil dari Kebun Binatang Ragunan dan hanya berjumlah 7 ekor untuk ditangkarkan, dengan kondisi alam yang sesuai dengan habitat Rusa, maka tak heran jika jumlahnya semakin bertambah tiap tahunnya.

Jika Anda berminat untuk melakukan olahraga trail di Kampung Cai Rancaupas, silahkan menghubungi kami di hp 081323739973 BBM 597BACEE, terima kasih tapi jika ada saran, kritik, masukan mengenai isi site ini atau apapun yang Anda ingin tanyakan hubungi kami di nomor di barusan, terima kasih sudah membaca informasi ini yang berjudul Penangkaran rusa Ranca Upas Kampung Cai Bandung.
Nama

1998,1,2020,1,2021,4,2022,4,ada,5,adalah,1,air,4,aja,2,akses,1,alamat,2,alamat kampung cai ranca upas,379,and,1,angker,1,angkutan,1,apa,5,apakah,2,api,1,are,1,area,2,arti,1,AT-TAQWA,1,atau,2,atv,2,aya,5,bandung,21,bank BCA,1,Bank Kampung cai,1,bank Mandiri,1,barat,3,bayar,1,berapa,8,berenang di kampung cai,1,berenang di rancaupas,1,biaya,2,bobobox,4,bobocabin,9,bobocabin rancaupas,1,Booking Tenda di Kampung Cai Rancaupas,4,buka,5,bumi,1,cabin,1,cai,2,camp,4,camper,1,campervan,3,camping,16,canyon,1,cara,2,center,1,cerita,1,cikole,2,ciwidey,7,com,1,cuaca,3,dago,1,dan,1,dan Tips,1,danau,1,dari,7,day,1,deer,1,dekat,7,deluxe,1,derajat,1,destinasi,1,dimana,1,domes,1,dozer,1,eiger,1,fasilitas,5,fasilitas kampung cai rancaupas,2,foto,7,Foto Prewedding di Kampung Cai Rancaupas,4,Gathering,1,glamping,6,green,1,ground,3,gunung,2,Hangatnya Berendam di Onsen Ranca Upas di Bulan Februari 2024,1,harga,17,harga tiket masuk kampung cai rancaupas 2019,2,Harga Tiket Masuk Kampung Cai Rancaupas Ciwidey Bandung 2015,2,Harga Tiket Masuk Kampung Cai Rancaupas Ciwidey Bandung 2017,3,Harga Tiket Masuk Kampung Cai Rancaupas Ciwidey Bandung 2019,1,Harga Tiket Masuk Kampung Cai Rancaupas Ciwidey Bandung 2021,1,harga tiket masuk ranca upas ciwidey terbaru 2023,1,hari,5,hot,1,hotel,3,hotel dekat kampung cai rancaupas,1,igloo,4,info,2,ini,6,instagram,1,Islami,3,itu,1,jakarta,4,jalan,1,jam,8,jarak,1,jawa,3,jln,1,kabupaten,3,kampung,1,kampung cai ranca upas,382,Kampung Cai Rancaupas,12,Kano Rancaupas,1,kawah,4,keluar,2,kemah,2,kendaraan,1,kereta,3,kind,1,klip,1,kolam,3,kolam air panas ranca upas,1,kuliner,1,lagu,1,layung,2,legenda,1,lembang,1,lirik,1,location,1,logo,1,lokasi,3,makan,2,malam,1,mana,4,mancing,1,masuk,13,mau sewa tenda kampung cai,1,memberi,1,menginap,2,menuju,1,milky,1,misteri,2,mistis,1,mitos,1,monyet,1,mp3,1,naik,5,names,1,ngecamp,2,nomor,1,nyewa,1,oge,1,Olahraga trail Kampung cai Rancaupas,1,one,1,onsen,2,ootd,1,open,2,operasional,1,outbound,1,outbound di kampung cai,1,outfit,1,oyo,1,Paintball Game,2,paket,4,panas,4,pangalengan,5,pemandian,1,penangkaran,14,penginapan,3,perhutani,1,perkemahan,4,peternakan,1,ppkm,1,Pramuka,1,prewed,1,prewedding,4,putih,4,raisa,1,ranca,259,Ranca upas,6,Ranca upas ciwidey,2,Ranca upas trail race,1,rancaekek,1,Rancaupas,2,rancaupas 2023,1,ranger,1,renang,2,review,1,rusa,22,Rusa Liar Ranca Upas,1,rute,1,saat,2,saja,2,savana,1,sejarah,1,semarang,1,sewa,4,Sewa Tenda Camping Ranca Upas Januari 2024: Harga,1,sewa tenda di kampungcai rancaupas,1,sinyal,1,spot,1,spring,1,stargazing,1,stasiun,7,suhu,5,sunrise,1,taman,1,Team Building Training di Kampung Cai Rancaupas Bandung,1,telepon,4,telp,1,tempat,9,tenda,5,tepat,1,terdekat,1,terkini,1,tiket,12,tiket masuk kampung cai rancaupas,379,tiket masuk ranca upas,1,tiket masuk ranca upas 2023,1,tiket ranca upas,1,time,1,tips berenang untuk pemula,1,tol,2,travel,1,traveloka,1,trip,4,tutup,4,umum,2,unggun,1,upas,259,upasan,1,valley,1,van,1,video,2,villa,3,wahana,1,wahana di kampung cai rancaupas,1,waktu,1,waterboom,1,Waterboom ranca upas,1,way,1,weather,2,website,2,weekend,1,wewengkon,1,wikipedia,1,wisata,7,Wisata Rancaupas,1,www,1,yang,2,youtube,1,
ltr
item
KAMPUNG CAI RANCA UPAS CIWIDEY: Penangkaran rusa Ranca Upas Kampung Cai Bandung
Penangkaran rusa Ranca Upas Kampung Cai Bandung
https://2.bp.blogspot.com/-RQWtlRTnt8c/VwDBHjFe5AI/AAAAAAAAIC8/BAj53ToeUfYm2wQYuhghqqJ_ZkivBNUyg/s640/Penangkaran%2Brusa%2BRanca%2BUpas%2BKampung%2BCai%2BBandung%2B1.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-RQWtlRTnt8c/VwDBHjFe5AI/AAAAAAAAIC8/BAj53ToeUfYm2wQYuhghqqJ_ZkivBNUyg/s72-c/Penangkaran%2Brusa%2BRanca%2BUpas%2BKampung%2BCai%2BBandung%2B1.jpg
KAMPUNG CAI RANCA UPAS CIWIDEY
https://www.kampungcai.com/2016/04/penangkaran-rusa-ranca-upas-kampung-cai.html
https://www.kampungcai.com/
https://www.kampungcai.com/
https://www.kampungcai.com/2016/04/penangkaran-rusa-ranca-upas-kampung-cai.html
true
7632131066156218061
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy